Tuesday 1 December 2015

Pirit

PIRIT
       Pirit adalah emas klasik. Tetapi pirit sangat jauh berbeda dari emas dan pyrite yang paling umum dan paling sering keliru untuk emas. Pirit terbentuk dari pembekuan magma yang mengalami pengaruh hidrotermal ataupun berasal dari reaksi mineral-mineral tertentu seperti feldspar dan piroksin . 
       Pirit adalah favorit di kalangan kolektor batu karena dapat memiliki kilau kristal yang indah dan menarik. Hal ini sangat umum dalam kerak bumi yang ditemukan di hampir setiap lingkungan yang mungkin serta pyrite memiliki sejumlah besar bentukdan varietas. Pirit adalah polimorf dari marcasite, yang berarti bahwa ia memiliki komposisi kimia yang sama. FeS2 sebagai marcasite tetapi yang membedakan adalah struktur, simetri dan bentuk kristalnya.Struktur pirit adalah analog dengan struktur galena dengan formula PbS. Galena meskipun memiliki simetri yang lebih tinggi. Perbedaan antara dua struktur adalah bahwa belerang tunggal galena digantikan oleh sepasang sulfur di pirit.
   Pasangan sulfur kovalen terikat bersama dalam suatu ikatan unsur dasarnya. Pasangan ini mengganggu simetri empat kali lipat bahwa atom tunggal belerang akan diawetkan dan dengan demikian memberikan pirit simetri rendah dari galena. Meskipun pirit mengandung persentase yang tinggi dari besi, tapi pernah digunakansebagai sumber penting zat besi. Oksida besi sepertih ematit dan magnetit, adalah bijih besi primer. 
    Pirit biasa digunakan untuk industri kertas dan pembuatan asambelerang .Pirit akan menjadi sumber potensial dari besi jika bijih besi harus menjadi langka. Pirit adalah yang paling umum dari mineral sulfida dan dapat ditemukan di seluruh dunia, pyrite adalah sumber yang paling penting dari belerang setelah belerang asli. Pirit (FeS2) juga disebut besi belerang. Sering pula disebut dengan emas orang yang tidak tau karena warnanya yang kuning kecoklatan cemerlang ketika terkena sinar Matahari. Pirit ini termasuk kelompok mineral sulfida. Piryte memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. System : kristalkubus
2. Belahan : tidakada
3. Kekerasan : 6--6,5
4. Berat jenis : 5,015.
5. Kilap : logam(metallic)
6. Warna : kuning
7. Cerat : hitam kehijauan, krem muda dan kuninga

Sumber : http://radarjuve.blogspot.co.id/2013/07/kimia-dasar-ii.html

1 comment:

  1. Sya mau jual bahan logam pirit Nerima berapa

    ReplyDelete